VDNIP Bakal Terima 60 Ribu Tenaga Kerja Lokal

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – PT Virtu Dragon Nikel Industri Park (VDNIP), yang berada di kawasan Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyerap 60 ribu pekerja lokal.

Hal tersebut sampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Haswandi bahwa, masyarakat Sultra harus bersiap-siap menyiapkan diri, karena akan ada Migrasi Tenaga Kerja diwilayah Sultra, luar Sultra hingga luar negeri.

“Kedepannya perusahaan itu akan membutuhkan 60 ribu tenaga kerja kedepan dan masyarakat Sultra harus mempersiapkan itu. Karena jangan sampai tidak ada persiapan kita hanya menjadi penonton diwilayah sendiri,” ungkapnya, Kamis 27 Januari 2022.

“Karena setiap tahun ada 2500 hingga 3000 pengangguran baru usia diatas 15 tahun. Dan pengangguran itu diangka Empat persen, dan bila terwujud penyerapan tenaga kerja PT VDNIP hingga 60 ribu maka kurang lebih Dua persen angka pengangguran akan terserap,” Haswandi menambahkan.

Ia mengatakan, pihaknya bersama PT VDNIP telah berkoodinasi untuk mempersiapkan hal tersebut. Guna untuk menghadapi kebutuhan tenaga kerja kedepan.

“Pihak-pihak terkait sudah lakukan langkah-langkah, seperti Universitas Halu Oleo (UHO) sudah mempersiapkan calon tenaga kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari juga tahun 2022 akan membangun workshop pelatihan alat berat yang disuport langsung oleh PT VDNIP,” kata Haswandi

Menurutnya, tenaga kerja lokal yang berada di PT VDNIP itu mencapai 25 ribuan orang. Jika dilihat dari data Disnaker Sultra di Bulan November 2021, PT VDNI kini memperkerjakan 6702 orang dan PT OSS sebanyak 11440 orang dengan total keseluruhan menjadi 18142 orang.

“Kenapa 25.000an karena ada pekerja yang melalui sub kontraktor, dimana itu belum kami identifikasi yang jelas jumlahnya sangat banyak jadi kalau digabung leseluruhan itu 25.000an orang,” Haswandi memungkasi.

Penulis: Aryani fitriana

Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.