Varian Delta Merajalela, Filipina Larang Anak-Anak Keluar Rumah

foto: Pemeriksaan Covid-19 di Filipina. ©2021 REUTERS/Eloisa Lopez (MERDEKA.COM)

PUSDAYANEWS.COM-INTERNASIONAL

Pemerintah Filipina meminta anak-anak untuk tidak keluar rumah mulai hari ini karena virus corona varian Delta kini menimbulkan lonjakan kasus Covid-19.

Sejauh ini sudah separuh dari 47 kasus positif baru adalah varian Delta, kata Departemen Kesehatan. Filipina sudah mencatat 1,5 juta kasus sejak pandemi dimulai.

“Varian Delta lebih menular dan mematikan,” kata juru bicara kepresidenan Harry Roque yang mengumumkan aturan pembatasan lebih ketat terhadap empat wilayah provinsi di negara itu yang kasusnya melonjak, seperti dilansir laman Channel News Asia, Jumat (23/7).

Pemerintah juga membatasi jumlah kapasitas restoran, salon, dan pertemuan serta anak usia lima hingga 17 tahun diminta tetap di rumah.

Pengumuman ini disampaikan setelah dua pekan lalu pemerintah mencabut larangan anak-anak keluar rumah yang berlaku sejak Maret tahun lalu namun kerap dilanggar.

Pemerintah mengatakan aturan larangan bagi anak-anak itu untuk menghindari mereka menularkan virus corona ke orang tua atau kerabat di rumah.

Kelompok organisasi peneliti independen OCTA yang selama ini menjadi penasihat pemerintah dalam menangani pandemi mengatakan aturan pembatasan harus diterapkan ke daerah yang lebih spesifik dan pemberlakuan jam malam diperpanjang serta anak-anak diminta tetap di rumah.

OCTA meyakini lonjakan kasus saat ini disebabkan varian Delta.

Departemen Kesehatan menuturkan, mereka tengah memeriksa kesiapan rumah sakit, obat-obatan, tabung oksigen, dan para tenaga kesehatan dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Di perbatasan Filipina juga melarang pendatang dari Thailand dan Malaysia untuk mencegah varian Delta.

India, Indonesia, dan Pakistan juga masuk dalam daftar yang dilarang masuk.

Filipina saat ini baru memvaksinasi 5 juta orang dengan dua dosis dan 10,5 juta orang baru satu dosis dari keseluruhan 110 juta populasi.

sumber: (MERDEKA.COM)

By adminpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.