Sulkarnain Harap Hasil Pertanian Kendari Miliki Keunggulan

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – Walikota Kendari melakukan penyerahan sarana dan prasarana pertanian serta panen buah salak pada kelompok tani tunas baru kelurahan anduonohu, kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Dalam Kesempatan tersebut, Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan potensi pertanian Kota Kendari jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara (Sultra) dari sisi skala kuantitas tidak sebesar Kota/Kab lain di Sultra.

“Karena situasi tersebut, potensi pertanian harus mempunyai keunggulan, tidak bisa mengandalkan kuantitas yang masih sangat kecil, tapi juga harus bermanfaat dan punya nilai tambah serta keunggulan,” kata Sulkarnain, Jumat 28 Januari 2022

Selanjutnya, pihaknya mengatakan Sawah yang ada di Kota Kendari yang letaknya di amohalo akan di orientasikan menjadi sawah organik.

“Saya sendiri sudah menggunakan produk owoha selama satu tahun terakhir dan ASN diprioritaskan menggunakan beras owoha karena kualitasnya tidak diragukan dan dapat diadu dengan daerah lain,” jelas Sulkarnain.

Harapannya, kedepan para pendamping pertanian untuk terus mendampingi petani agar seluruh petani dapat pengetahuan tidak hanya sekedar bertani tapi di arahkan untuk mempunyai keunggulan.

“Nantinya secara bertahap hasil pertanian di orientasikan untuk ke industri. Jangan hanya langsung kepasar untuk dijual, tapi di buat menjadi olahan lain, Karena nilainya akan lebih tinggi dan dapat di rasakan petani,” harap Sulkarnain

Kedepannya, para pendamping Tidak hanya mendampigi petani secara teknis tapi memdampingi sampai pada menghasilkan produk dan mempunyai nilai ekonomi yang lebih baik.

“Misalnya, salak yang saat ini dipanen kedepan bisa di olah menjadi kripik atau olahan industri lainnya agar nilai jualnya lebih tinggi,” Sulkarnain Memungkasi

Penulis: Nur Cahaya
Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.