Selama 2021 BI Sultra Catat Transaksi Non Tunai Alami Peningkatan

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – Selama tahun 2021 Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat transaksi non tunai mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Tren tersebut menunjukkan peningkatan khususnya transaksi melalui e-commerce.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Bimo Epyanto mengatakan peningkatan tersebut didorong oleh meningkatnya referensi dan akseptasi atau penerimaan masyarakat terhadap teknologi dan kemudahan sistem pembayaran.

“Perkembangan transaksi non tunai tersebut didukung oleh akseptasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) oleh merchant (pedagang),” jelasnya pada acara Bincang Bersama Media (BBM), Jumat 7 Januari 2022

Perkembangan transaksi ini juga didukung oleh upaya pemerintah pusat dan daerah untuk menciptakan ekosistem keuangan digital melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah atau ETP dan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah atau TP2DD.

“Dimana pada 2021 tercatat sebanyak 75.218 merchant di Sultra yang telah menggunakan QRIS,” katanya

“Secara umum sepanjang 2021 terjadi peningkatan peredaran uang dibandingkan tahun 2020,” lanjutnya

Kondisi tersebut mencerminkan bahwa aktivitas konsumsi masyarakat mulai membaik sejalan dengan penurunan kasus Covid-19 di Sultra.

“Peredaran uang pada triwulan IV 2021 sesuai siklus tahunannya di mana pada periode tersebut terdapat perayaan nataru yang secara historis menyebabkan peningkatan transaksi tunai masyarakat,” pungkas Bimo

Untuk diketahui, pada triwulan IV 2021 terjadi net outflow (keluar) sebesar Rp1,588 Miliar atau meningkat dari triwulan III 2021. Namun mengalami penurunan jika dibanding periode yang sama tahun 2020 yang mengalami net outflow sebesar Rp1,923 Miliar.

Penulis: Nur Cahaya
Editor: Rin

About Author

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *