Lagi, Bea Cukai Kendari Gagalkan 941.600 Batang Rokok ilegal

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal di Kelurahan Lalombaa Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka.

Rokok tanpa pita cukai itu disita sebanyak 941.600 batang pada Rabu, 26 Januari 2022.

Kepala Kantor Bea-Cukai Kendari, Purwatmo Hadi Waluja mengatakan, semua berawal melalui informasi adanya kegiatan bongkar muat Rokok Ilegal di lokasi tersebut.

Kemudian, pihaknya langsung melakukan pengamatan pada sebuah kendaraan minibus, yang diduga mengangkut Rokok Ilegal di daerah Kelurahan Latambaga.

“Dari hasil pemeriksaan pada kendaraan didapati rokok yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 4 karton dan 2 bal,” kata Purwatmo, Sabtu 29 Januari 2022.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pengembangan ke sebuah rumah kost di daerah Kelurahan Lalombaa. Setelah dilakukan pemeriksaan, pihaknya mendapat kembali rokok yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 53 karton dengan berbagai merk.

“Dari hasil penindakan, total jumlah rokok ilegal yang didapatkan adalah sejumlah 941.600 batang dengan perkiraan nilai barang sejumlah Rp 1.073.424.000 dan perkiraan kerugian negara dari sektor Cukai, PPN HT, dan Pajak Rokok total sejumlah Rp 672.868.000,” Purwatmo memungkasi.

Terkait hal ini, pelaku serta barang hasil penindakannya telah berada di Kantor Bea Cukai Kendari untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penulis: Aryani fitriana

Editor: Rin

About Author

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *