KSOP Kendari Diminta Tindak Tegas Perusahaan Pelayaran yang Bandel

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI -Sejumlah buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pangkalan Perahu mendatangi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari.

Diketahui, sebelumnya seluruh perusahaan pelayaran, KSOP, DPRD Prov Sulawesi Tenggara (Sultra) pada rapat dengar pendapat (RDP) telah menyepakati terkait tarif angkutan pelayaran untuk penumpang yang dikembalikan pada Pergub no. 38 tahun 2016 dan menyetujui pengaturan jadwal pelayaran yang akan diatur oleh KSOP Kendari.

Namun, setelah rekomendasi tersebut disepakati pihak perusahaan PT Pelayaran Darma Indah telah melakukan pemberangkatan kapal rute Kendari – Wa Ode Buri – Wanci tidak sesuai jadwal yang ditetpkan pihak KSOP Kendari.

Ketua TKBM Pangkalan Perahu, Yusran Yastono Yasin memngatakan pihaknya mendesak Kepala KSOP Kenmdari untuk segra bertindak dengan tegas terhadap pelanggaran yang terjadi beberapa hari lalu.

“Soalnya, KM Cantika Lestari telah mengabaikan hasil kepiutusan yang telah disepakati bersama,” kata Yusran, Jumat 11 Maret 2022.

Selanjutnya, Yusran mengatakan seharusnya pihak perusahaan harus menghargai terkait kesepakatan yang telah dibuat bersama.

“Kita tidak larang, tapi hargai dan ikuti aturan,” jelas Yusran.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang Uki Raya Line, Hardianto meminta kepada KSOP Kendari untuk memberikan sanksi yang seberat-beratnya kepada PT Darma indah.

“Takutnya terjadi hal yang tidak diinginkansaat pelayaran berlangsung, jadi kita harus taat pada aturan jadwal pemberangkatan yang telah ditetapkan,” jelas Hardianto.

sedangkan, terkait jadwal yang telah ditetapkan oleh KSOP Kendari, pihaknya sangat mendukung dan siap melakukan pelayaran sesuai dengan ketetapan yang ada.

“Kita harus taati bersama, semua demi keselamatan penumpang,” ungkap Hardianto.

Sementara itu, Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas IIA Kendari, Heri Wiyanto mengatakan pihak perusahaan yang tidak mengikuti jadwal tersebut telah diberikan sanksi agar tetap menjalankan aktivitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“sudah kita atur jadwalnya, tapi masih ada perusahaan yang bandel nanti tunggu informasi dari Kepala KSOP untuk lebih lanjutnya,”Heri Memungkasi.

Penulis: Nur Cahaya

Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.