Kemenkominfo Dukung Implementasi Peningkatan Layanan dari Telkomsel

PUSDAYANEWS.COM, JAKARTA – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung implementasi Telkomsel untuk proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G/LTE, dengan total lebih dari 49 ribu BTS 3G di 504 kota/kabupaten secara bertahap mulai Maret hingga akhir tahun ini.

Dukungan ini juga disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, M.T, yang turut hadir melakukan pengecekan langsung proses upgrading 932 BTS 3G ke 4G/LTE pada 6 April 2022, bertempat di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

“Kami dari Kementerian Kominfo menyambut baik rencana peningkatan (improvement) 3G menjadi 4G. Semoga langkah-langkah yang diambil Telkomsel ini selalu terukur dan terarah, serta terlihat dampaknya terhadap aktivitas sehari-hari masyarakat,” kata Ismail

Menurutnya, ini sebuah kesempatan bagi masyarakat untuk dapat menikmati layanan Telkomsel yang lebih baik. Kami di Kominfo melihat inisiatif Telkomsel untuk melakukan peningkatan kapasitas dan kemampuan dari jaringannya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Karena jaringan telekomunikasi, khususnya koneksi mobile internet, saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat,” lanjut Ismail.

Ismail kemudian menambahkan untuk mendukung pengembangan jaringan 4G maupun 5G di Indonesia, diperlukan adanya improvement teknologi dari 3G menjadi teknologi yang lebih tinggi kemampuannya.

Berdasarkan pengaturan di bidang telekomunikasi, operator seluler mempunyai hak untuk memilih teknologi dalam pengoperasian jaringannya sehingga hal ini dapat menjadi dasar bagi operator untuk dapat meningkatkan layanan berbasis 3G ke layanan berbasis 4G atau teknologi yang lebih tinggi dengan tetap memperhatikan kepentingan dan perlindungan pelanggan.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, Dukungan dari Kemenkominfo memberikan semangat tambahan bagi kami untuk memastikan seluruh rangkaian proses upgrade jaringan yang dilakukan dapat berjalan lancar dan tuntas, dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan dari Telkomsel sesuai dengan target hingga akhir tahun 2022.

“Kami meyakini, upaya ini akan meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, sekaligus membuka percepatan transformasi perekonomian nasional melalui pemanfaatan teknologi berbasis digital terkini,” ungkap Nugroho

pada kesempatan yang sama, Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengungkapkan, keyakinannya melalui percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE ini, akan mampu menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri, serta mengakselerasi transformasi digital di lintas sektor industri di berbagai wilayah Indonesia.

“Saat ini Telkomsel telah memasuki tahap pertama proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE,” pungkas Woong Soon Nam.

Ubtuk diketahui, pada tahap pertama ini, Telkomsel melakukan upgrade jaringan di 766 kecamatan yang berada di 90 kota/kabupaten selama Maret-Mei 2022. Sedangkan untuk tahap kedua akan dimulai pada Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten. Tahap ketiga, upgrade layanan dilakukan di 178 kota/kabupaten pada Agustus hingga Oktober 2022, dan tahap keempat pada November-Desember 2022 di 104 kota/kabupaten.

Penulis: Nur Cahaya
Editor: Rin

About Author

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *