Hari Pahlawan, Jokowi Anugrahkan 4 Tokoh Sebagai Pahlawan Nasional

Hari Pahlawan

PUSDAYANEWS.COM, JAKARTA – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November 2021.

Seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Hari Pahlawan dijadikan momont untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional bagi empat tokoh di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Sekretariat Militer Peresiden, Marsma Tonny Harjono mengatakan, keempat tokoh tersebut adalah Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, Sutradara Film Aji Usmar Ismail dari DKI Jakarta dan Raden Arya Wangsakara dari Banten.

“Masing-masing dianugerahi gelar Pahlawan Nasional,” kata dilansir dari media Tempo.co, Rabu 10 November 2021.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud Md mengatakan, keputusan memberi gelar pahlawan nasional ini karena keempat tokoh tersebut dinilai menjadi sosok menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat dan atau ikut berjuang untuk memajukan Indonesia sehingga kemerdekaan itu lebih bermakna.

“Untuk tahun ini ditetapkan empat orang yang diberikan atau dianugerahi berdasarkan Keputusan Presiden,” ujar Mahfud.

Menurutnya, beberapa kriteria yang digunakan pemerintah selain ketokohan adalah pemerataan daerah. Hingga saat ini, Mahfud Md mengatakan, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim) belum memiliki pahlawan nasional.

“Sulteng dan Kaltim adalah provinsi yang ada sejak awal Indonesia merdeka meskipun melalui pemekaran provinsi. Jadi dari daerah itu ada pahlawan,” beber Mahfud.

Dilandir pada media Tempo.co. Tak hanya gelar Pahlawan Nasional, dalam upacara hari ini, Jokowi juga memberi gelar tanda jasa kepada sejumlah sosok.

Ada I Ketut Suryanegara dokter di RSUP Sanglah Denpasar Bali dan Suci Lia Indah dan perawat di RSUP Sitanala Tangerang, Banten yang mewakili 221 penerima lainnya, masing-masing dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama.

Selain itu ada juga Emialoina Lasia Carolin yang mendapat gelar tanda kehormatan dari Presiden Jokowi.

Ia merupakan bidan di Pesanggrahan, DKI Jakarta yang mewakili 76 penerima lainnya untuk menerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Penulis: Nur Cahaya
Editor: Rin

About Author

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *