Empat Pekan Banjir Melanda Sintang, 33.221 Jiwa Mengungsi

Banjir di sintang

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – Sudah empat pekan banjir melanda Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) dan sejumlah wilayah disekitarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, hingga saat ini banjir masih menggenangi 12 kecamatan di Sintang.

Akibatnya, 10.381 kepala keluarga atau 33.221 jiwa warga saat ini masih bertahan di lokasi pengungsian yang tersebar di sejumlah titik.

“Warga Sintang yang mengungsi tersebar di 32 pos pengungsian yang dioperasikan BPBD setempat,” kata Muhari yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, dari catatan BPBD Sintang, hingga 13 November 2021, total warga yang terdampak banjir sebanyak 29.623 kepala keluarga (KK) atau 88.148 jiwa.

Kawasan yang terdampak tersebut tersebar di 12 kecamatan, antara lain Kecamatan Kayan Hulu, Kayan Hilir, Binjai Hulu, Sintang, Sepauk, Tempunak, Ketungau Hilir, Dedai, Serawai, Ambalau, Sei Tebelian dan Kelam Permai.

Untuk wilayah yang paling parah terkena bencana banjir adalah di Kecamatan Kayan Hulu, Kayan Hilir dan Sintang.

“Banjir yang melanda banyak kecamatan ini telah menelan korban jiwa dua orang dan kerugian material seperti jembatan rusak berat sebanyak lima unit dan rusak sedang satu unit,” tutup Muhari.

Penulis: Nur Cahaya
Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.