DPR Resmi Sahkan Nama Anggota KPU dan Bawaslu RI

PUSDAYANEWS.COM, JAKARTA – Tujuh nama Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih, resmi disahkan lewat Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) Republik Indonsia (RI).

Rapat dimulai dengan penyampaian laporan hasil seleksi Calon Komisioner KPU dan Bawaslu RI Periode 2022-2027, yang dilanjutkan Ketua DPR RI Puan Maharani meminta persetujuan kepada anggota DPR yang hadir dalam rapat tersebut.

“Apakah laporan tersebut disetujui,” Tanya Puan dalam rapat tersebut, dikutip pada CNNIndonesia.com. Jumat,18 Februari 2022.

Setelah persetujuan tersebut, DPR RI akan langsung menyerahkan hasil seleksi tersebut ke Presiden RI untuk disetujui dan dilantik di Istana Negara.

Komisioner KPU periode 2022-2027 antara lain Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik serta August Mellaz.

sedangkan, 5 anggota Bawaslu periode 2022-2027 antara lain Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono serta Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani yang dihadiri oleh 39 orang anggota DPR hadir secara fisik, 229 orang hadir secara virtual dan 30 orang amggota DPR izin.

Untuk diketahui, Komisi II DPR memilih tujuh nama Komisioner KPU dan lima nama Anggota Bawaslu secara musyawarah yang digelar tertutup pada Kamis,17 Februari 2022 dini hari, setelah melakukan fit and proper test dilakukan selama tiga hari sejak 14 Februari 2022.

 

Penulis: Nur Cahaya

Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.