DLH Kendari Beli Dua Unit Mobil Penyapu Jalan Seharga Rp5,6 Miliar

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) beli dua unit mobil Road Sweeper atau penyapu jalan, untuk mengatasi masalah kebersihan di kota lulo.

Masing-masing untuk satu mobil penyapu jalan itu harganya Rp2,8 miliar. Jadi jika dua unit kendaraan yang akan di beli maka mencapai Rp5,6 miliar.

“Tahun 2022 kita ada pengadaan mobil sweeper, mobil penyapu. Ada dua unit, Insyaallah dalam waktu dekat tinggal saya laporkan keatasan kemudian saya menyurat untuk dilelang supaya awal tahun itu sudah ada,” kata Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati, Jumat 28 Januari 2022.

Menurutnya, mobil penyapu jalanan ini bisa mengatasi debu-debu, pasir, sampah-sampah lunak dan tanah yang menempel di badan jalan.

“Jadi nanti ini bisa mengisap debu-debu, terus kan ini kebanyakan mobil-mobil dari luar kota itu kalau misalnya dari tempat yang agak berlumpur bertanah, nah itu kalau masuk dalam kota naik di aspal yang bersih kan melengket itu tanah-tanahnya. Nanti tanah itu kering itu berubah menjadi debu. Inilah yang biasa menumpuk sehingga merusak pemandangan,” ujar Nisma.

Maka dari itu, ia berharap kepada para petugas kebersihan yang setiap pagi harinya melakukan pembersihan jalan, bisa mengangkat sampah yang tidak bisa terangkut oleh mobil penyapu jalan.

Penulis: Aryani fitriana

Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.