DKP Sultra dan Rare Latih Kelompok PAAP Teknik Awasi Laut dan Pesisir

DKP Sultra dan Rare

PUSDAYANEWS.COM, KENDARI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Rare menggelar pelatihan pengawasan berbasis masyarakat di Kota Baubau selama dua hari sejak 23-24 November 2021.

Dalam kegiatan ini, sejumlah kelompok Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP) dilatih bagaimana teknik mengawasi kawasan laut dan pesisir, serta mengumpulkan data akurat dengan pendekatan yang lebih humanis.

Pelatihan dikemas dalam bentuk pemaparan materi di dalam ruangan yang dilanjutkan dengan simulasi langsung di lapangan.

Ketua Kelompok PAAP Mawasangka, Rusman mengungkapkan, selama mengikuti pelatihan DKP Sultra dan Rare, dirinya mendapatkan pengalaman yang berbeda.

“Di sini kita diajarkan bagaimana melakukan pengawasan yang humanis, menggunakan GPS, mencatat data dan informasi. Dari situ kita bisa tau lokasi alat tangkap di mana saja, ikannya ditangkap dimana saja, kapan musim ikan banyak dan lokasinya di mana, dan banyak informasi lain yang kita tau dari pengawasan,” kata Rusman.

Ditempat yang sama, Direktur Teknis dan Data Perikanan Rare, Raymond Jakub mengatakan, implementasi pengawasan oleh kelompok PAAP ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepatuhan dan kesadaran pada pemanfaatan yang berkelanjutan.

“Ketika pengawasan ini berjalan kan ada banyak informasi yang dikumpulkan. Seperti sebaran lokasi penangkapan, sebaran alat tangkap dan hasil tangkapan, data ini nantinya bisa dipakai oleh kelompok PAAP untuk mengevaluasi efektifitas pengelolaan kawasan PAAP mereka,” jelas Raymond saat menjadi pemateri pelatihan pengawasan berbasis masyarakat.

Data yang dikumpulkan kelompok PAAP akan diinput menjadi data digital. Data ini selanjutnya dapat diakses secara real time, diolah dan digunakan sesuai kebutuhan pengelolaan kawasan dan perikanan.

Data digital tersebut, lanjut Raymond, nantinya juga dapat diakses serta dimanfaatkan untuk perencanaan program dari lintas bidang seperti Bidang Pengawasan (PSDKP), Bidang Perikanan Tangkap, dan Bidang Pengelolaan Ruang Laut DKP Sultra.

Sejalan dengan itu, akurasi data dikumpulkan kelompok PAAP berdasarkan pengawasan lapangan oleh DKP Sultra dinilai sangat penting untuk menentukan arah kebijakan pemerintah di sektor perikanan.

Penulis: Aryani fitriana

Editor: Rin

About Author

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *