Butuh Support Sumberdaya Pemerintah Terhadap Rekomendasi KKN TEMATIK UHO 2022 di Kecamatan Nambo Kota Kendari

KENDARI, PUSDAYANEWS.COM

Pelaksanaan KKN TEMATIK terintegrasi Pengabdian Dosen Universitas Halu Oleo, memperoleh apresiasi positif dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Nambo Kota Kendari.

Demikian respon peserta Pelatihan Administrasi Pemerintahan Kelurahan Berbasis Online di Kecamatan Nambo Kota Kendari. Salah satu peserta menyatakan bahwa Pelatihan ini merupakan kebutuhan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan di Kecamatan Nambo, beliau berharap output dari pelatihan ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah Kota Kendari dengan memberikan dukungan sumberdaya agar semua kelurahan di Kecamatan Nambo dapat mengembangkan website kelurahan. Tentu tujuan adalah mendekatkan pelayanan kepada warga. Karena banyak hal terkait dokumen administrasi kelurahan yang perlu kami input datanya dan dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Layanan administrasi kelurahan berbasis digital yang terintegrasi secara online merupakan Langkah maju bagi pemerintah dalam memenuhi kebutuhan layanan kepada masyarakat (pengguna). Hal ini memudahkan pemberi layanan dengan penerima pelayanan. Kongkritnya adalah Pemerintah Kelurahan berharap besar kepada Pemerintah Kota Kendari untuk menyediakan sub domain yang teritegrasi dengan website Pemerintah Kota Kendari.  Harapan tersebut merupakan jawaban dari penerapan Electronic Government (e-government) dalam pelayanan publik khususnya dalam mengimplemetasikan Permendagri No. 34 tahun 2007 tentang Pedoman Administrasi Kelurahan. Demikian sampaikan oleh Narasumber Dr. Sartono., M.Si yang juga sebagai Ketua KKN Tematik UHO tahun 2022. Beliau juga adalah sebagai Wakil Dekan II FISIP UHO Bidang Perencanaan, Penganggaran, Kepegawaian dan Keuangan FISIPOL UHO. Closing statement beliau adalah Layanan Pemerintah Kelurahan kepada warga berbasis digital (website) merupakan  suatu inovasi dan langkah maju dalam menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah.

Dalam kegiatan Pelatihan Administrasi Pemerintah Kelurahan Berbasis Online di Kecamatan Nambo Kota Kendari, dilaksanakan pada Hari Selasa. 23 Agustus 2022 dan dihadiri oleh aparat kelurahan dan operator website Kecamatan Nambo serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) lainya yakni Dr. Muhammad Yusuf., M.Si, Taufik SH., MPA dan La Ode Aslim, SE., M.Si selaku moderator. Kegiatan ini di buka oleh Bapak Darsi, SP Camat Nambo. Beliau berharap agar Kegiatan KKN Tematik UHO terus menjadikan wilayahnya sebagai lokasi kegiatan KKN. Suatu kesyukuran bagi kami dari tahun ke tahun lokasi KKN UHO memilih daerah kami. Konstribusi peserta KKN dan Materi pelatihan yang diberikan kepada kami sangat meberikan manfaat besar bagi pemerintah kecamatan dan kelurahan serta khususnya bagi Pemerintah Kota Kendari.

Baca juga: Peringati Hari Kemerdekaan, Tekomsel Poin Gelar Donasi Digital dengan Program Merdeka Pendidikan

Pada posisi pemerintah untuk mau terbuka (transparan) dan akuntabel, tentunya dibutuhkan komitmen dari pemerintah sendiri utamanya kepada pimpinannya sebagai actor tunggal pengambil keputusan dan atau kebijakan. Support Sumberdaya dapat terpenuhi jika pemimpinya MAU untuk melaksanakan dua hal yang prinsip tersebut. Keywordsnya adalah perlu adanya dukungan sumberdaya berupa fasilitas penunjang (SERVER, hardware, Sofware) dan SDM (admin) sebagai kebutuhan utama dalam mengelola sebuah website. Konsekwesinya adalah Support Pemerintah Kota Kendari kepada Kecamatan dan Kelurahan sangat berpengaruh dalam memenuhi pelayanan publik terutama pengelolaan administrasi kelurahan berbasis online (digital government). Demikian disampaikan oleh narasumber Bapak La Ode Muhammad Elwan, S.Sos., MPA. Beliau mengatakan bahwa pertanyaan yang harus dijawab pemerintah Kota Kendari adalah “bagaimana kesiapan pemerintah untuk memenuhi prinsip Transparansi dan Akuntabilitas dalam pelayanan public?  tentunya hal ini memerlukan perencanaan yang matang dan upaya implementasi kebijakan sehingga nanti dapat di evaluasi sejauhmana  pelaksanaannya. Kemudian apakah layanan itu online atau tidak? apakah layanan online (website) yang kembangkan hanya bersifat informatif atau sudah interaktif dan transaction?  Semua pertayaan ini menurut beliau adalah hal subtansi untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kendari dalam mendukung adanya website kelurahan dalam tatakelola administrasi. Semoga !!!

About Author

By adminpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *