BLK Kendari Award Momentum Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi

PUSDAYANEWS.COM , KENDARI – Dipenghujung tahun 2021, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar BLK Kendari Awards 2021 yang dilaksanakan di salah satu hotel di kendari, pada 30 Desember 2021 malam.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Pemimpin Daerah dan Tokoh Berdedikasi serta kepada berbagai pihak yang telah banyak berperan dalam rangka mensukseskan program BLK Kendari di tahun 2020 dan 2021, sekaligus untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi yang lebih baik menyongsong tahun 2022.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi yang diwakili Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekertariat Daerah (Setda) Sultra, Suharno mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada BLK Kendari atas terselenggaranya kegiatan BLK Kendari Awards 2021.

Dimana, Gubernur Sultra Ali Mazi menjadi salah satu pemimpin dan tokoh berdedikasi yang mendapatkan penganugerahan BLK Kendari Awards 2021.

“Tentu, penghargaan ini bagi saya dan pihak-pihak yang menerima menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang diyakini mampu menghadirkan energi positif menambah spirit dan motivasi untuk terus membangun sinergitas dan berkolaborasi dengan BLK Kendari dalam membangun ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara,” kata Ali Mazi

Ia menjelaskan, BLK Kendari merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Pusat Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (UPTP Kemnaker RI) di daerah yang secara faktual memiliki peran penting dan strategis untuk menciptakan tenaga kerja trampil dan mengurangi angka pengangguran khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara melalui pelatihan berbasis kompetensi.

“Sebagai Gubernur Sultra, saya mengikuti perkembangan berbagai kegiatan positif yang telah dilakukan BLK Kendari, mulai dari pelatihan berbasis kompetensi institusional, non institusional, pelatihan peningkatan produktivitas bagi para pelaku usaha, pelatihan talenta muda, pelatihan tanggap Covid, dan pelatihan berbasis kompetensi yang dilakukan di UPTD binaan BLK Kendari yang ada di daerah-daerah,” jelasnya.

Atas kerja keras tersebut, lanjut orang nomor satu di Sultra ini, pihaknya bersepakat bersama DPRD Sultra untuk menghibahkan Tanah milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara seluas 4,58 hektar kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk pengembangan workshop pelatihan serta fasilitas kantor BLK Kendari yang pada 26 November 2021 lalu secara resmi naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima hibah ditandatangani.

“Alhamdullilah, hari ini BLK Kendari telah berada di atas lahan seluas 6,75 hektar dan semua itu kita lakukan sebagai bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan program pembangunan ketenagakerjaan di Sultra,” katanya.

Menurutnya, bahwa permasalahan ketenagakerjaan bukan hanya urusan dan tanggung jawab Kemnaker RI, bukan juga hanya tanggung jawab BLK Kendari, bukan juga hanya urusan dan tanggung jawab Pemprov Sultra atau pemerintah kabupaten/kota, namun hal itu sesungguhnya menjadi tanggung jawab bersama semua pihak.

“Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan di Sultra dan untuk itu saya mengajak semua pihak untuk terus mendukung BLK Kendari sebagai bagian penting dan strategis dalam membangun ketenagakerjaan di Sultra. Saya juga, secara khusus menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada Kepala BLK Kendari Adinda saya Dr La Ode Haji Polondu atas segala kerja kerasnya selama ini,” tuturnya.

Senada dengan Gubernur Sultra, Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Danrem 143 Haluoleo Brigjen Yufti Senjaya, Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb A. Ferdinand Picaulina, S.Sos, Ketum Kadin Sultra Anton Timbang, Ketua FKLPI Sultra Ahmad, Rektor Universitas Halu Oleo Kendari Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc, Rektor IAIN Kendari Prof Dr Faizah Binti Awad, M.Pd serta seluruh tamu yang hadir juga memberikan apresiasi kepada BLK Kendari atas segala kerja keras yang telah dilakukannya selama ini.

Ditempat yang sama juga, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu menuturkan, pihaknya sangat berterimakasih atas segala dukungan yang diberikan berbagai pihak hingga terlaksananya kegiatan ini dan berkat dukungan tersebut BLK Kendari bisa terus mengabdi kepada masyarakat Sultra melalui kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

“Alhamdulillah, setelah banyak melalui proses, BLK Kendari kini bisa semakin berbenah, meski dengan perlahan namun pasti. Hari ini juga, telah menjadi bukti, jika BLK Kendari dalam berbagai programnya tidak berjalan sendiri dan atas hal itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya Gubernur Sultra H Ali Mazi SH, Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas beserta jajarannya, Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh beserta seluruh anggota DPRD Sultra, dan seluruh FORKOPIMDA, TNI/POLRI, serta kepada teman-teman pers,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan BLK Awards dibagi menjadi beberapa kategori, dimana Gubernur Sultra Ali Mazi, Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh dianugerahi pada kategori pemimpin dan tokoh berdedikasi yang atas dedikasi dan kinerja serta visi kepemimpinan mereka mampu mensukseskan berbagai program BLK Kendari dalam pembangunan sumber daya manusia di Sultra.

Pada kategori pemimpin dan tokoh berdedikasi, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI, pihaknya juga menyerahkan kepada pimpinan SKPD, TNI Polri, FORKOPIMDA, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ormas dan LSM atas kontribusi dan dukungan serta upaya mensukseskan program BLK Kendari dalam peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan berbasis kompetensi.

“Kita juga memberikan penghargaan pada kategori dunia usaha dan industri atas peran dan kolaborasi yang baik bersama BLK Kendari dalam penempatan angkatan kerja di Sultra. Selain itu, untuk jasa mitra kami, baik itu media cetak, online dan elektronik kami juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada teman-teman wartawan atas kontribusi dan dukungan serta upaya mensukseskan program BLK Kendari dan terus mengawasi kami hingga tidak salah jalan dalam melaksanakan berbagai kegiatan di BLK Kendari,” bebernya.

Ia juga menambahkan, bahwa dengan suksesnya kegiatan BLK Awards 2021 ini, pihaknya ke depan berkomitmen untuk terus berbuat yang terbaik, menciptakan tenaga kerja trampil, bersama Pemda menekan angka pengangguran dengan menciptakan angkatan kerja kompeten serta berdaya saing tinggi.

“Insya Allah, sudah menjadi komitmen kami dan juga menjadi harapan kita bersama, ke depan BLK Kendari bisa lebih memberikan pelatihan kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman serta sesuai pula dengan kebutuhan pasar kerja yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

Penulis: Nur Cahaya
Editor: Rin

By editorpusdayanews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.