Author

La Ode Muhammad Elwan

22 Juni 2021

pusdayanews

Informasi Kita

VIRTUAL TRAINING KKN TEMATIK UHO DI TENGAH PANDEMI COVID-19 “Berbagi Pengetahuan Sistem Informasi Pemerintahan Desa/Kelurahan Berbasis Digital (WEBDESA) di Provinsi Sulawesi Tenggara”

KENDARI, PUSDAYANEWS.COM

KKN TEMATIK UHO TAHUN 2020 dengan Tema “ Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa Berbasis Digital (WEB DESA) dalam Pelayanan Publik untuk Mendukung Physical Distancing Menangkal Penyebaran Covid 19 di Desa/Kelurahan Prov. Sulawesi Tenggara.

Kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, Tanggal 11 Juli Tahun 2020. Jam 09.15 sampai 12.30 WITA melalui Aplikasi Zoom (online).

Kegiatan KKN TEMATIK UHO Tahun 2020 adalah Wujud kepedulian Universitas Halu Oleo kepada masyarakat, dalam suasana pandemi Covid-19. Semangat juang dan partisipasi Tenaga Pendidik (dosen) untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk VIRTUAL TRAINING metode online meluli Link Zoom: https://bit.ly/PELATIHAN_WEBDESA Meeting ID: 820 6965 6796 Password: KKNTEMATIK.

Foto: Peserta Pelatihan (KKN TEMATIK UHO Tahun 2020)

Daya Juang yang tinggi, inovasi dan kreatifitas dosen untuk terus berkarya merupakan motivasi dan komitmen Dosen sebagai Insan Akademis melalui transfer ilmu pengetahuan dan teknologi adalah bukti nyata pengabdian yang kepada bangsa, negara, dan masyarakat. Demikian kata Ketua Pembimbing KKN Tematik Tahun 2020 Bapak Sartono, S.Sos., M.Si saat di konfirmasi via telephon seluler oleh wartawan media pusdayanews.com.

Beliau juga menambahkan bahwa, KKN TEMATIK UHO Tahun 2020 diharapkan dapat berkonstribusi kepada masyarakat sekalipun kita masih dalam suasana Pandemi COVID-19. inilah tantangan yang sesungguhnya dan sekaligus ruang kreativitas bagi kami di Universitas Halu Oleo. Tentunya pada kegiatan VIRTUAL TRAINING ini kami tetap memperhatikan Standar Operational Procedur (SOP) yang ditepakan pemerintah. Acara ini di ikuti oleh unsur aparatur desa dan kelurahan yang tersebar di beberapa kabupaten Provinsii Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini mendapatkan respon baik dari peserta dan meminta kepada kami untuk terus dilaksanakan kegiatan seperti ini sebagai bentuk tindaklanjut dalam bentuk pelatihan yang lebih teknis tentang Tatakelola Website Desa/Kelurahan. (11/07/2020).

foto: KKN TEMATIK UHO Tahun 2020.

Para Narasumber Acara VIRTUAL TRAINING dengan Tema “ Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa Berbasis Digital (WEB DESA) dalam Pelayanan Publik untuk Mendukung Physical Distancing Menangkal Penyebaran Covid 19 di Desa/Kelurahan Prov. Sulawesi Tenggara adalah Bapak  Sartono, S.Sos., M.Si, La Ode Muhammad Elwan, S.Sos., MPA, Dr. Adrian Tawai, S.Sos., M.Si, Dr. Muh. Yusuf, S.Sos. M.Si dan La Ode Aslim, SE.,M.Si yang juga sebagai Pembimbing KKN TEMATIK UHO Tahun 2020. Pengelolaan Sistem Pemerintahan Desa/Kelurahan Berbasis Digital (WEBDESA/KELUARAHAN) merupakan rekomendasi Pemerintah (tuntutan regulasi) antara lain Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik; Pasal 86 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa; Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa; Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Komunikasi; Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 Tahun tentang Registrasi Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara untuk dilaksanakan di semua level pemerintah sebagai bentuk penerapan e-government melalui prinsip Transparasi, Akuntabiltas, Efektivitas dan Efisien dalam proses Perencanaan Pembangunan, Implementas Program, Monitoring dan Evaluasi. Harapanya adalah di semua level pemerintah termasuk Desa dan Kelurahan dapat menerapkan Layanan Publik melalui tools Aplikasi website secara profesional dan terukur.

Foto: KKN TEMATIK UHO Tahun 2020.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta dapat memahami subtansi materi kegiatan dan dapat ditindaklanujuti oleh pemerintah desa dan kelurahan di kabupaten untuk mewujudkan WEBISTE DESA/KELURAHAN. Tentunya dukungan sumberdaya manusia, keuangan dan fasilitas internet menjadi dasar kebutuhan yang wajib disiapkan oleh pemerintah dalam mengimplementasikan Sistem Pengelolaan Pemerintahan Desa/Kelurahan Berbasis Digital (webdesa/kelurahan) pada wilayah masing-masing. Demikian Kata La Ode Muhammad Elwan selaku narasumber dan pembimbing KKN TEMATIK UHO Tahun 2020.(11/07/2020).

Dalam kegiatan Virtual Training KKN TEMATIK UHO Tahun 2020, dapat terlaksana atas konstribusi peserta KKN yang melakukan koodinasi dan konfirmasi dilapangan kepada pemerintah desa dan kelurahan. Bentuk kegiatan tetap memperhatikan standar yang ditetapakan pemerintah dalam pencegahan dan penaggulangan COVID-19 di lokasi masing-masing. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan peserta KKN Tematik diantaranya, berkoordinasi dengan pemerintah setempat tentang rencana kegiatan, kampanye pencegahan dan penanggulangan COVID-19 (membagikan APD, memasang alat cuci tangan di kantor2), membantu tatakelola administrasi desa dan kelurahan, melakukan pendataan potensi desa/kelurahan, melakukan konfirmasi kesiapan dan kepastian pelaksanaan VIRTUAL TRAINING KKN TEMATIK UHO Tahun 2020. (sumber: laporan peserta KKN Tematik tahun 2020).

Konstribusi peserta KKN Tematik UHO Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo, di awali dengan melakukan pembekalan peserta KKN oleh Pembimbing dan bersepakat untuk melaksanakan program sesuai tema/judul KKN Tematik yang di setujui oleh Universitas Halu Oleo.

FOTO: KKN TEMATIK UHO 2020