Author

La Ode Muhammad Elwan

27 Januari 2021

pusdayanews

Informasi Kita

DAMPAK COVID-19, Tidak Menurunkan Semangat DPP PERTALINDO SULTRA & Peserta Bimtek Kompetensi Penyusun AMDAL 2020

PUSDAYANEWS.COM. Kendari, 05/06/2020. 

Merebaknya COVID-19 di Indonesia yang terjadi sejak awal Februari Tahun 2020 ibarat bencana sosial bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Segala aktivitas rutin terbatas, semua jenis pekerjaan dilakukan sesuai prosedur dan ketetapan guna menanggulangi persebaran Virus Corona. Sedapat mungkin aktivitas warga tidak bersentuhan dengan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini dilakukan untuk bersama-sama menjaga tidak terjakitnya seseorang dari virus corona yang mematikan itu.

Respon semua orang terhadap virus corona sangat memberi pengaruh besar dalam melakukan kerja-kerja kreatif warga dan pemerintah termasuk lembaga profesi serta pihak lainnya. Tentunya keadaan ini sangat menggangu produktivitas dan kinerja pemerintah serta masyarakat di semua wilayah di Indonesia bahkan di beberapa belahan dunia. sedapat mungkin aktivitas warga tidak bersentuhan dengan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Hal ini dilakukan untuk bersama-sama menjaga tidak terjakitnya seseorang dari virus corona yang mematikan itu.

Namun, seganas apapun Virus Corona mempengaruhi aktivitas warga, tentu masih ada jalan terbaik untuk melakukan kerja-kerja nyata yang dapat dilakukan seseorang atau kelompok masyarakat di tanah air. Tentunya, aktivitas itu dilakukan sesuai prosedur dan ketetapan guna menanggulangi persebaran Virus Corona yang mematikan itu.

Dewan Pengurus Provinsi Perkumpulan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (DPP PERTALINDO) Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan DPN PERTALINDO PUSAT dan Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup (LSP-LH INTAKINDO), masih memiliki ruang dan waktu untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Komptensi Penyusun AMDAL, Tanggal 4 Juni 2020 dengan motode online/daring via Zoom Meet. Kegiatan tersebut mendapat respon baik dan support luar biasa dari Dewan Pengurus Nasional PERTALINDO dan antusias peserta dari timur sampai barat (sabang-merauke) yang begitu banyak dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Narasumber kegiatan bimtek kompetensi penyusun amdal tangal 4 Juni2020 adalah:

IR. ILAN R. SURIADI Ketua DPN PERTALINDO dan Ketua LSP-LH INTAKINDO ( materi 1: Proses Sertifikasi Profesi Penyusun Amdal dan materi 2: Pelingkupan dalam Penyusunan Amdal).

DR. IR. TITIEN SETIYO S., MT (DPN PERTALINDO) (materi: Penyusunan Dokumen Amdal Berdasarkan SKKNI 122/2016).

Moderator: Dr. Erwin Azizi, SKM., M.Kes ( Sekretaris DPP PERTALINDO SULAWESI TENGGARA )

 

foto: Screenshot

Dr. La Ode Ngkoimani., M.Si (KETUA UMUM DPP PERTALINDO SULTRA), selaku penanggung jawab kegiatan. Beliau menyampaikan bahwa Kegiatan WEBINER Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kompetensi Penyusun AMDAL tanggal 4 Juni 2020 dengan Metode Zoom Meet (online) diselenggarakan oleh Dewab Pengurus Provinsi Perkumpulan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (PERTALINDO) Sulawesi Tenggara. Lewat kesempatan ini kami sampaikan bahwa support dari Dewan Pengurus Nasional (DPN PERTALINDO) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup (LSP-LH INTAKINDO) sangat memberikan ruang gerak kepada kami untuk melakukan kerja nyata sekalipun dalam kondisi pandemi COVID-19 melanda tanah air. Penghargaan kami kepada seluruh pseserta yang antusias memberikan dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan ini, sungguh sesuatu yang luar biasa menurut kami karena dari jumlah peserta sebanyak 126 orang tetap konsisten mengikuti bimtek ini sampai selesai. Peserta mengikuti kegiatan + 4 – 5 jam non stop dan dinamis pada saat materi tanya jawab/diskusi. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Narasumber moderator dan seluruh peserta sehingga acara ini terlaksana dengan baik dan lancar. Sekaligus kami menyampaikan permohonan maaf jika selama proses registrasi sampai selesainya acara terdapat kekeliruan yang tidak kami sengaja terjadi. Keseriusan peserta mengikuti bimtek ini berharap agar output dari kegiatan ini teman-teman peserta dapat mengikuti lulus pada Uji Kompetensi Penyusun AMDAL yang akan di selenggaran oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Lingkungan Hidup INTAKINDO. Kemudian kegiatan yang sama ini rencana kami akan kembali selenggarakan pada Bulan Juli 2020 mendatang, karena masih banyaknya teman2 yang ingin ikut, namun karena waktu yang terbatas. Di akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama teman-teman Pengurus DPP PERTALINDO SULTRA dan Tim Support penyenggara acara yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaga sehingga acara ini terlaksana sesuai harapan kita semua. demikian kata beliau yang juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Pusat Pengembangan Sumberdaya Wilayah Indonesia (PUSDAYA INDONESIA). (pusdayanews, 05/06/2020).

Ir. ILAN R. SURIADI Ketua DPN PERTALINDO dan Ketua LSP-LH INTAKINDO selaku narasumber memberikan apresasi positif dan luar biasa atas terselenggaranya kegiatan BIMTEK PENYUSUN AMDAL yang di selenggaran teman-teman DPP PERTALINDO SULTRA dan utamanya penghargaan kepada peserta. Beliau mengatakan bahwa Respon saya sebagai Ketua Umum DPN Pertalindo terhadap Kegiatan Bimtek Kompetensi Penyusun Amdal yang diselenggarakan oleh DPP Pertalindo Sultra jelas sangat mengapresiasi sebagaimana sambutan saya kemarin. Hal ini sesuai dengan tujuan dari didirikannya Pertalindo sebagaimana tertuang dalam Angaran Dasar yaitu untuk meningkatkan kompetensi anggota dan kader-kader muda lingkungan hidup. Kemudian, Harapan saya, dengan pelaksanaan Bimtek Kompetensi Penyusun Amdal adalah agar semua peserta mendapatkan ilmu guna menambah pemahaman bagaimana menyusun dokumen amdal berdasarkan SKKNI 122/2016. Pemahaman ini akan menjadi bekal yang baik bagi para pemohon sertifikasi, sehingga proses uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi  (LSP) dapat dilalui dengan baik dan lancar. (pusdayanews.com. 05/06/2020).

Demikian halnya dengan DR. IR. TITIEN SETIYO S., MT (DPN PERTALINDO) juga sebagai narasumber kegiatan tersebut mengatakan bahwa Secara pribadi, saya memberi apresiasi positif  dan penghargaan setinggi petingginya kepada penyelenggara acara yakni DPP Pertalindo Sultra. Kegiatan ini amat bermanfaat selain dapat menambah ilmu pengetahuan, maka kegiatan ini akan mendorong seseorang untuk menilai kesiapan diri ketika akan melakukan Uji kompetensi penyusun Amdal. Bagi yang telah memiliki sertifikasi kompetensi kegiatan ini menurut saya amat bermanfaat dalam  mendukung peningkatan kompetensi profesi seseorang. Antysuas peserta dan pertanyaan yang diajukan menunjukkan kepedulian signifikan akan kebutuhan penyegaran, pencerahan dan dukungan moral bersama untuk menyusun dokumen lingkungan yang dapat dipertanggung jawabkan secara vertikal dan horizontal. Terima kasih tak terhingga atas inisiasi mulia ini. Lebih lanjut beliau menaruh harapan kepada peserta Bimtek penyusun Amdal utk terus mengasah ilmu pengetahuan, ketrampilan dan meningkatkan etika berprofesi sebagai sikap kerja . Dipelajari lagi implementasi SKKNI 122/2016 Jangan segan segan untuk berdiskusi dan berkomunikasi dengan penyusun yang sudah senior dan berpengalaman. Kami tetap akan membuka diskusi dan komunikasi, untuk berbagi ilmu bersama. Demikian semoga acara ini dapat diteruskan secara periodik dan dapat diadopsi untuk DPP Pertalindo di Provinsi lain maupun pihak pihak  lain yang memerlukan. (pusdayanews.com. 05/06/2020).  

melengkapi informasi kegiatan ini, Dr. Drs. Fransiskus Kia Duan, M. Si – Universitas Nusa Cendana Kupang  sebagai peserta menyampaikan bahwa: Kegiatan Bimtek Kompetensi Penyusun Amdal Wenner ini SANGAT SUKSES karena lancar prosesnya dengan Peserta yg banyak sekitar 130 orang dengan Nara sumber yg sangat Profesional. Luar biasa bagi saya dlm menambah pengalaman dan saya bersiap mengikuti Uji Kompetensi sbg ATP nanti. Hebat DPP PERTALINDO SULTRA di Kendari. Profisional. Harapan saya semoga metode ini dapat di laksanakan lagi utk peserta yg belum sempat iktu dan topik2 yg lebih teknis utk persiapan ujian kompetensi. Salam hormat dan salam sehat. Amin… tutup kalimat beliau.(05/06/2020). salanjutnya juga sebagai peserta tuan rumah Dr. LOAN. Ramadhan, M.Si mengatakan bahwa: Bimbingan Teknis penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan yang dilaksanakan oleh DPP PERTALINDO SULTRA secara online tersebut sangat dirasakan memiliki nuansa yang cukup berarti untuk menguatkan pemahaman dan wawasan dasar yang telah dimiliki oleh peserta bimtek. Hal tersebut merupakan modal dasar  mengikuti ujian sertifikasi kompetensi  untuk memperoleh lisensi sebagai ketua dan/atau anggota penyusun  AMDAL. Pematerinya pun sangat atraktif dan interaktif serta mumpuni dalam menyajikan strategi dan  hal-hal penting menyangkut persyaratan dan proses sertifikasi penyusun AMDAL. (05/05/2020-11.32 wita).

SELAMAT DAN SUKSES BUAT KITA SEMUA, Amin . . . demikian kata yang tepat untuk disampaikan kepada narasumber, moderator dan seluruh peserta atas partisipasi aktif dalam kegiatan ini. Tutup Kata Penyelenggara Kegiatan.